logo blog
Selamat Datang Di Blog Konveksi - Sablon Jogja
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Konveksi - Sablon Jogja,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Inilah Cara Afdruk Sablon Secara Cepat, Kilat, dan Ekspress

Cara Afdruk Sablon
Inilah Cara Afdruk Sablon Secara Cepat, Kilat, dan Ekspress -
Bagaimana cara afdruk secara cepat, kilat, dan ekpress, tapi tetap menghasilkan kualitas sablonan yang baik. Yang perlu diperhatikan dalam hal ini yaitu ketepatan dan ketelitian saat memberi obat beserta pemakaian alat-alat sablon. Dalam hal ini menggunakan prinsip photokimia yang artinya ada serangkaian proses kimiawi yang melibatkan bahan-bahan peka cahaya.. Dari sini akan tercipta efek stencil, yaitu lubang bergambar yang membuat tinta akan turun dan bisa tercetak di atas suatu bahan.

Langsung saja inilah cara afdruk secara cepat, kilat, dan ekspress:
1.    Hal yang pertama kali dilakukan, memastikan screen sudah dalam keadaan bersih dan sudah kering.

2.    Membuat obat afdruk. Lalu masukkan sedikit obat afdruk ke tempat yang tersedia. Perkirakan jumlah obat afdruk cukup dengan bidang oles screen. Selanjutnya, tinggal tetesi sensitizer dan diaduk. Bila terlalu kental, bisa diencerkan dengan sedikit air.

3.    Dalam pengolesan screen, tuang campuran obat afdruk tadi ke bagian luar screen. Selanjutnya diratakan. Lakukan hal yang sama ke sisi bagian dalam screen sampai obat benar-benar rata menutupi kedua sisi screen.

4.    Keringkan screen di ruangan gelap dengan memakai kipas angina atau hairdryer.

5.    Masih tetap berada di dalam ruangan gelap, siapkan meja afdruk, lalu bersihkan bagian permukaan kaca, dan memastikan lampu dan kelengkapan lainnya telah siap. Letakkan screen dengan sisi bagian luar berada di atas, lalu tempelkan film pada posisi benar.

6.    Setting pra afdruk, taruh screen dengan bagian dalam di atas, lalu letakkan kertas hitam, lalu letakkan busa di atasnya.

7.    Letakkan triplek tebal dengan tujuan menekan busa di atas screen.

8.    Taruh pemberat di atasnya.

9.    Nyalakan lampu di atas meja afdruk. Bila dipakai lampu berdaya 2x20 Watt, lama penyinaran sekitar 5-10 menit. Setelah selesai, matikan lampu, angkat pemberat, lepas spon, kertas, film yang menempel di bagian luar screen dan segera siram dengan air.

10.  Akan terjadi perubahan warna di bagian film tadi. Warnanya akan tampak tembus pandang. Inilah area gambar hasil afdruk.

11.  Semprotl secara perlahan-lahan pada area tersebut sampai terbentuk gambar atau pola yang dirancang.

12.  Dilarang sentuh kain screen yang telah diafdruk ini supaya tak rusak.

Demikian cara afdruk secara cepat, kilat, dan ekspress yang bisa dipaparkan kali ini dari cetakdtgjogja.blogspot.com. Selamat mencoba ya. Kalau ada apa-apa atau yang kurang jelas, Anda bisa datang ke tempat kami Konveksi Jogja. Atau bisa juga membaca terlebih dahulu teknik memotong papan frame untuk sablon. Teimakasih.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2019. Konveksi Jogja Murah - All Rights Reserved | Template by Kompi Ajaib Powered by Sablon Jogja ID. Developed by Maboor Media - Digital Marketing Agency