logo blog
Selamat Datang Di Blog Cetak DTG Jogja
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Cetak DTG Jogja,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Membedakan Kain Cotton Combed dan Cotton Carded

Sablon Jogja

Cara Membedakan Kain Cotton Combed dan Cotton Carded
Pada artikel sebelumnya kami sudah membahas total seputar jenis sablonnya yaitu pengenalan 5 jenis sablon digital, maka kami akan membahas tentang bahan kaosnya. Beginikah cara membedakan kain cotton combed dan cotton carded? Tinggal meraba bahan kedua kain tersebut, maka akan terasa kasar dan halusnya. Untuk kain cotton combed akan terasa lebih halus bila dibandingkan dengan kain cotton carded. Perbedaan yang lebih mencolok lagi pada jenis mesin pembuatnya. Untuk lebih jelasnya, simak uraian dari Konveksi Jogja berikut ini.

Memang, bagi masyarakat umum cara membedakan kain cotton combed dan cotton carded sering alami kebingungan. Penyebabnya adalah bahan katun ini hampir tak ada perbedaan. Apalagi sekarang ini ada bahan carded yang terasa soft sehingga mirip dengan combed walau masih tetap berbulu. Mengapa cotton combed berbulu karena setelah mengalami proses pencelupan katun langsung dipasarkan.

Persamaan yang jelas pada cotton combed dan cotton carded terletak dari bahan katun yang digunakan. Namun, dalam pemrosesannya itu yang mengalami perbedaan. Pada cotton combed melalui proses penyisiran yang mengakibatkan permukaan kain menjadi halus. Namun, kedua bahan tersebut memiliki kemampuan menyerap yang sama.

Pengetahuan cara membedakan kain cotton combed dan cotton carded ini penting dimiliki supaya kita lebih teliti dalam memilih produk kaos. Karena terkadang, kedua jenis bahan tersebut hampir tak ada perbedaan, terkecuali sudah paham betul. Pengetahuan ini juga sangat bermanfaat untuk menghindari penipuan dari pedagang-pedagang nakal.

Baik cotton combed dan cotton carded memiliki beberapa jenis ukuran, yang disimbolkan dengan huruf “s” dan “d”. Huruf “s” singkatan dari single knitt atau rajutan jarum single yang artinya bahan kain hanya terdiri dari satu permukaan saja. Huruf “d” singkatan dari double knit atau rajutan jarum dobel yang artinya bisa dipakai bolak balik. Di depan huruf “s” dan “d” disematkan angka, seperti 20s, 24s, 30s, dan 40s yang artinya semakin besar angka berarti kerapatannya semakin besar atau semakin tipis kain tersebut.

Jadi, cara membedakan kain cotton combed dan cotton carded itu termasuk mudah. Tinggal merasakan bagian permukaannya saja, apakah terasa kasar atau halus. Nah, sekarang Anda sudah bisa memastikan sendiri bahan kain kaos yang sedang Anda kenakan bukan?

Sekian dulu dari Konveksi – Sablon Jogja. Jika ada yang ditanyakan atau ingin segera membuat kaos custom satuan. Yaitu jasa bikin kaos sablon satuan, silahkan hubungi kami segera. Selamat!
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Konveksi Jogja Murah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Sablon Jogja ID